iklan banner

Budidaya Ikan Mas Koki

Budidaya Ikan Mas Koki

Budidaya Ikan Mas Koki (miniaquarium) -Dapat ditangani di aquarium. Ukuran aquarium yang dapat digunakan panjang 80 cm lebar 40 cm dan tinggi 40 cm.

Jumlah aquarium yang dapat digunakan bisa 4 buah aquarium. wadah aquarium yang bisa digunakan untuk memijahkan induk mas koki terutama dulu diisi oleh air dengan ketinggian 20 cm. Jangan lupa air di endapkan dahulu selama 1 hari.Penambahan tanaman untuk substrat sangat diperlukan hal ini dapat berupa eceng gondok. Tanaman eceng gondok dapat digunakan untuk menempelkan telur ikan koki dan juga untuk merangsang pemijahan.

Seleksi induk
Induk ikan mas koki yang akan dibudidayakan kondisinya harus sehat dan telah cukup umur (matang gonad).

Ciri indukan pejantan
- Jika dipencet didekat perut dapat keluar cairan berwarna putih susu
- Terdapat benjolan berwarna putih pada bagian tutup insang.
- Bentuk dubur kecil dan oval

Ciri indukan betina
- Jika dipencet didekat perut dapat keluar cairan kuning berupa telur ikan koki
- Dibagian perut agak membesar
- Bentuk dubur bulat dan besar

Budidaya Ikan Mas Koki
Sistem pemijahan

Induk yang dapat dipijahkan harus melalui tahap seleksi dahulu. Jumlah perbandingan induk jantan serta betina yang ideal yaitu 1 pejantan : 2 betina. Sistem pemijahan dapat jalur dicirikan dengan saling berkejaran pada induk jantan serta induk betina. induk dapat berhenti memijah bila sudah mengeluarkan telur serta spermanya serta dicirikan dengan tidak saling berkejaran lagi.

Bila telah selesai memijah maka induk mas koki dapat dipisahkan dari aquarium dikarenakan bila tidak dipisahkan maka induk tersebut dapat mengonsumsi telurnya sendiri

Penetasan
Sistem penetasan bisa berjalan kurang lebih 2 sampai 4 hari. Jika telur ikan yang tidak terbuahi bisa membusuk dan tidak lagi menetas sampai bisa mudah terserang oleh jamur. Suhu air pada aquarium kurang lebih 24-28 derajat celcius. Aquarium juga perlu diberi aerasi untuk mensuplai oksigen.

Setelah menetas larva terus mempunyai kandungan kuning telur sampai belum perlu diberi pakan. Pada saat  kuning telur habis larva bisa diberi saringan dapnia atau kuning telur ayam yang telah direbus.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment