iklan banner

Pumpkinseed Sunfish ( Lepomis - gibbosus )

Umum ditemukan di kolam-kolam serta danau di Amerika Utara, terlebih sisi timur, dimulai dari propinsi New Brunswick di Kanada sampai ke negara sisi South Carolina di Amerika Serikat.


Ikan ini tambah baik dipelihara dalam akuarium yang memiliki ukuran besar. Sesungguhnya, ikan ini lebih layak untuk ikan kolam dari pada ikan pengisi akuarium. Adalah ikan air dingin (coldwater fish) yang bakal menanggung derita apabila dipelihara dalam air hangat, hingga chiller atau pendingin benar-benar diperlukan, mengingat ikan ini datang dari lokasi subtropis. Diluar musim kawin, ikan ini yaitu ikan yang benar-benar pendamai. Tetapi apabila waktunya tlah tiba, ikan ini jadi teritorial serta agresif. Mereka bakal merobek tanaman air, mengacak-acak akuarium, serta juga mengakibatkan kerusakan perangkat akuarium seperti heater atau termometer.

Di habitatnya ikan ini hidup dengan memangsa ikan-ikan kecil, serangga, serta invertebrata. Di akuarium ikan ini dengan gampang bakal terima pakan hidup, beku, ataupun serpih. Pelet cichlid yaitu pakan yang benar-benar pas untuk ikan ini.
Bukan hanya terhitung ikan yang berperangai baik. Ikan ini yaitu ikan yang garang serta agresif, terlebih apabila masuk musim kawin, yang umumnya berlangsung waktu musim semi di habitat aslinya. Diluar itu, ikan lain yang ukurannya cukup muat untuk masuk ke dalam mulutnya bakal dimangsa. Apabila mau memeliharanya dengan ikan lain, mesti ikan yang memiliki ukuran semakin besar serta lebih kuat dari pada ikan ini. Yang unik, ikan ini dapat mengetahui tingkatan hierarki. Ikan jantan atau betina paling besar memperoleh sisi makanan terbaik.

Corak badan ikan ini benar-benar cantik. Tetapi tak sekian dengan perangainya, hingga ikan ini tak pas dipelihara oleh pemula. Ditambah, ikan ini memerlukan suhu air yang rendah. Karenanya, seperti yang sudah diterangkan di atas, ikan ini lebih pas dipakai untuk ikan kolam dari pada untuk ikan hias akuarium. Ikan ini belum sempat diperdagangkan di Indonesia.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment