iklan banner

Mengenal Ikan Tiger a.k.a Tiger Fish


Tiger Fish


Tigerfish | miniaquarium  - Si loreng yg terhitung keluarga Datnoides ini memanglah menarik. Gerakannya yg tenang, ditambah lagi dng hiasan doreng di tubuhnya yg memiliki ukuran besar, jadikan ikan ini terlihat makin gagah. Kesan ini juga lah yg bikin orang tertarik memeliharanya.
Tigerfish adalah ikan carnivora yg memangsa beragam type ikan kecil serta udang. Ukuranya tubuhnya cukup besar serta biasa hidup di air yg tenang dng keadaan pH air netral hingga sedikit asam, serta kisaran suhu pada 23 - 26 derajat Celcius. Tetapi dlm pemeliharaannya di akuarium sukar meraih ukuran yg optimal. Hal semacam ini dikarenakan di karenakan tigerfish gampang sekali stress, hingga dlm pemeliharaannya butuh ekstra hati - hati.
Ada 2 (dua) type tigerfish, yakni tiger Irian serta tiger Sumatera. Tigerfish Irian memiliki hiasan warna tubuh yg lebih menarik yakni kuning hingga krem dng tiga buah garis vertikal warna hitam. Tubuhnya lebih panjang, dapat meraih 38 cm, serta lebarnya dapat hingga 10, 5 cm. Namun yg satu lagi tigerfish Sumatera, tubuh ikan ini dihiasi warna kuning, serta bergaris - garis vertikal warna kecoklatan berjumlah 8 - 10 buah. Ukuran tubuhnya lebih kecil di banding tigerfish Irian. Walau panjangnya juga dapat meraih 38 cm, tetapi lebar tubuhnya optimal cuma 7, 0 cm. Di karenakan ukurannya lebih kecil ikan tiger Sumatera gerakannya lebih lincah.
Tiger Fish 
Di lingkungan aslinya ikan ini adalah ikan mengonsumsi, yg biasa di tangkap dng memakai pancing. Tetapi di karenakan keindahannya, serta makin langka didapat, maka ikan ini banyak diminati hobiis sbg ikan hias. Tidak mengherankan bila harga nya melambung tinggi.
Harga dari ke-2 type tigerfish ini benar-benar tidak sama jauh, ikan tigerfish asal Sumatera/Thailand lebih murah berlipat-lipat di banding ikan tigerfish asal Irian. Perbedaan yg mencolok ini tak hanya dikarenakan warna, tampilannya yg memanglah lebih menarik, juga di karenakan tigerfish Irian terhitung langka.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment