iklan banner

Ikan Pemanah : Archer fish


Ikan pemanah, atau dalam bahasa Inggrisnya archerfish, adalah type ikan tropis yang menyebar di pantai India, Myanmar, Malaysia, Filipina, Hindia Timur, serta Thailand. Ikan pemanah dapat ditemukan di air asin, umumnya di seputar tepi pantai, serta juga di air payau serta air tawar. Mereka kerapkali ditemukan di seputar permukaan air, dikarenakan oleh cara bertahan hidupnya.

Ikan pemanah mempunyai sisik berwarna putih berbelang hitam. Pada umur dewasa mereka umumnya memiliki ukuran dibawah 16 cm (6 1/4 inci), tetapi dalam ukuran maksimumnya dapat meraih 40 cm (16 inci). Matanya dapat digerakkan, mempunyai rahang yang meruncing membuat segitiga.

Ikan pemanah mengonsumsi hewan hidup yang ada di ranting dekat permukaan air, biasanya mereka memangsa serangga. Mereka memangsa serangga lewat cara menembakkan air pada serangga dengan mulutnya, lalu mengonsumsi serangga yang jatuh ke atas permukaan air. Bidikan ikan pemanah kerapkali pas tujuan, serta umumnya cuma bisa dikerjakan satu kali pada waktu makan.

Ikan ini menembakkan air dengan memakai insangnya. Air yang ada dalam mulut, lalu di luncurkan dengan menghimpit insang. Lalu air ini mengalir melalui saluran di rongga mulutnya, sampai air melesat keluar dikendalikan oleh lidahnya yang berperan untuk katup. Tembakan air ikan pemanah dapat meraih jarak 1, 5 mtr. (5 kaki) di hawa.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment