iklan banner

Tips Memilih Ikan Hias Laut


Tips Memilih Ikan Hias Laut (miniaquarium) -Ikan hias laut mempunyai corak yang menarik, namun bila pehobiis pingin memelihara ikan hias laut maka tidaklah sembarangan, tak hanya peralatan akuarium mesti komplete juga jenis dari ikan itu sendiri. Sebagai informasi basic, yakinkan ikan yang sehat, sirip tidak rusak/koyak karena jaring waktu ditangkap dan tidak cuma ikan yang baru saja tiba melalui perjalanan yang melelahkan.

Ikan yang sehat dapat dilihat dari gerakannya yang aktif, tidak lesu, dan tak ada bercak-bercak penyakit pada tubuhnya ( contohnya white spot yang berupa bintik-bintik putih pada tubuh dan terutama dapat dilihat dengan jelas dibagian sirip ikan ). beberapa jenis krustasea juga yaitu parasit untuk ikan laut.

Jangan sampai mendapatkan ikan dengan ‘kutu’ yang menempel di tubuhnya. sejenis jamur spesifik juga mungkin saja penyakit untuk ikan laut. ikan yang terinfeksi jamur – yang terlihat layaknya kapas tipis ini - dapat dilihat dibagian mulutnya. warna ikan juga bisa lantas parameter untuk meyakinkan kesehatan ikan itu. ikan yang pucat barangkali saja di dalam kondisi stress.

Sirip yang koyak perlihatkan kesalahan penanganan pada saat ikan ditangkap. ikan dengan sirip demikian berkemungkinan untuk lantas sakit dan mati di periode datang. Demikian juga halnya dengan ikan yang baru saja tiba dari penampungan pada awalnya.


Apabila anda telah meyakinkan ikan yang bisa dibeli, mintalah pada penjaga toko untuk menangkapnya, memasukkannya ke di dalam kantung plastik dan memberinya oksigen. mintalah satu kantung plastik untuk masing-masing ikan.

Walau oksigen di dalam kantung tersebut cukup untuk perjalanan selama beberapa jam, sebaiknya ikan-ikan yang baru dibeli segera dibawa pulang untuk ditempatkan pada akuarium yang telah disiapkan pada awalnya. Sebaiknya juga kantung ikan ditempakan di dalam kotak styrofoam untuk hindari dari suhu panas atau dingin area kendaraan. udang hias air laut sangat tidak tahan pada temperatur tinggi. suhu di atas 32°c bisa membunuhnya.

Setelah tiba, segera masukkan kantung diisi ikan ke di dalam aquarium tanpa membukanya selama 15-30 menit. tentang ini ditangani untuk cocokkan suhu di dalam kantung dengan suhu air akuarium. setelah selang waktu tersebut kantung bisa dibuka tetapi jangan sampai segera memasukkan ikan ke di dalam akuarium. Dengan perlahan-lahan miringkan kantung yang terbuka dan sibakkan air akuarium ke di dalam kantung sedikit untuk sedikit. ini ditangani untuk cocokkan kandungan air laut apabila ada perbedaan pada air di dalam kantung dan akuarium. baru lalu angkatlah ujung kantung plastik dengan perlahan hingga ikan keluar.

Ikan yang baru tiba bisa mulai cocokkan dirinya dengan lingkungan barunya. reaksi pertama ikan setelah dilepaskan dari kantung plastiknya yakni bersembunyi selama beberapa waktu. ini yakni wajar. beberapa jenis ikan terlebih bisa bersembunyi s/d sekian hari, contohnya ikan letter six/regal surgeon ( paracanthurus hepatus ). ikan-ikan yang baru tiba ini bisa membutuhkan waktu sekian hari sampai dengan beberapa minggu untuk penyesuaian ini.

Sebaiknya selama hidup ini mereka tidak alami banyak problem yang bisa menyebabkan menjadi stress kembali, contohnya memasukkan tangan untuk membetulkan letak batu karang dan lain sebagainya. penghobi mungkin menikmatinya tetapi dengan tidak melihatnya dari jarak yang terlalu dekat yang bisa buat mereka stress kembali. jauhi juga berikanlah makanan pada waktu-masa ini. makanan dapat mulai dicoba diberikan sekian hari setelah ikan ditempatkan dan dengan jumlah yang sangat sedikit saja.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment